5 Game Agen Bola Sbobet Android Kontroversial Ini Ditolak Oleh App Store Apple

http://www.louisvuittonbagsonline.net – Android dan Apple memang tak selalu merilis game atau aplikasi yang sama. Kedua sistem operasi mobile ini memang memiliki kebijkakan mereka masing-masing, emngenai aplikasi seperti apa yang akan dirilis dan bisa diunduh oleh para penggunanya. Namun selain itu, Apple pun dikenal jauh lebih ketat mengenai peraturan apllikasi apa saja yang akan bisa masuk ke “toko” virtual miliknya.

Berbeda dengan Android, yang memiliki konsep open source yang membuat pengguna dan developer aplikasi game Agen Bola Sbobet lebih bebas untuk memasukan berbagai macam genre dan permainan pada smartphone mereka. Contohnya saja, 5 game kontroversial dari Android di bawah ini yang rupanya ditolak dan diblokir oleh Apple untuk masuk ke App Store. Penasaran game apa saja?

1. Smuggle Truck

Apple bisa dikatakan sangat berhati-hati dengan tema politik dan kekerasan pada aplikasi yang masuk ke dalam App Store. Berbeda dengan Android. Karena itu ketika developer menawarkan game Smuggle Truck, yang sebelumnya laris manis di unduh pengguna Android, Apple langsung menolak. Game ini sendiri memiliki grafis sederhana dan game play yang sebenarnya berjenis Arcade sederhana.

Yang membuat Smuggle Truck berbeda justru tema yang diangkat. Aplikasi ini mengangkat tema perdagangan manusia dan usaha untuk melewati perbatasna negara di Amerika Serikat dari Meksiko. Dimana pemain game ini akan berusaha mengendarai truk dan lolos dari para penjaga untuk bisa masuk ke Amerika Serikat.

2. Endgame: Syria

Satu lagi game dengan tema politik yang ditolak oleh Apple. Di game ini, tema yang diangkat adalah peperangan di Suriah. Yang menarik, game dengan konsep RPG ini menggunakan real time news sehingga tema dan tantangan yang didapatkan oleh pemain pun berganti-ganti sesuai dengan pemberitaan yang ada saat itu. Serunya lagi pemain bisa merencanakan taktik perang pada game strategical ini. Ada dua jenis mode yang bisa dipilih oleh pemain untuk merencanakan trik dan strategi yakni dengan strategi secara politis dan militer.

Tema mengenai Suriah sendiri masih dinilai sensitif sehingga Apple pun memblokir game ini.

3. Phone Story

Phone Story pun langsung ditolak dan diblokir oleh Apple ketika mencoba masuk dan menjual aplikasi gamenya. Di game ini konsep yang diangkat adalah bagaimana cara pembuatan sebuah smartphone. Dan seluruh elemennya. Mulai dari masih di produsen hingga nantinya sampai di tangan konsumen. Game ini sendiri memiliki grafis yang sangat sederhana, yang bisa jadi alasan lain dari Apple untuk menolak dari perilisan game tersebut.

Namun alasan lain, pada salah satu tahapan di permainan ini terdapat level dimana pemain harus berusaha membebaskan pekerja-pekerja gelap di pertambangan yang dituding menjadi korban konsumerisme. Selain itu juga isu bunuh diri para pekerja Foxconn karena jam kerja yang panjang dan beban pekerjaan berat. Jelas saja game ini langsung diberedel oleh Apple.

4. In a Permanent Save State

Satu lagi game yang menyindir kasus bunuh diri pekerja di Foxconn. Game ini mengangkat jalan cerita 7 orang buruh dari perusahaan Foxconn di Tiongkok yang dikisahkan terikat dengan berbagai beban pekerjaan dan kontrak yang mendekati perbudakan. Hingga akhrinya mereka pun tak tahan dengan itu semua dan memutuskan untuk bunuh diri. Game dengan konsep strategi dan RPG ini mengangkat tema tersebut dengan begitu gamblang, yang akhirnya membuat Apple risih dan menurunkan game In a Permanent Save State dari perilisannya di App Strore.

5. Sweatshop

Game kontroversial ini mengangkat tema buruh dan pekerja anak-anak yang sempat menjadi pembahasan hangat. Juga mengenai perbudakan. Di permainan aplikasi berita komputer tersebut, pemain bisa memilih menggunakan pekerja dewasa atau anak-anak. Dan mengklaim pekerja yang masih dibawah umur ini sebagai pekerja murah namun bekerja dengan lebih pelan. Dengan tema seperti ini, meskipun bermaksud dengan sindiran, tentu saja membuat Apple tak suka dan langsung menurunkan permainan yang sempat dirilis dengan nama Sweatshop HD tersebut.

Saat ini game ini pun tak bisa lagi ditemui di Android, namun masih bisa dimainkan dalam bentuk flash game di PC atau laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *